Wednesday, June 24, 2009

SAY NO TO PLASTIC BAG! LETS GO GREEN WITH GREEN BAG



LETS GO GREEN WITH NOKEN ALIAS TAS GO GREEN-NYA ORANG PAPUA!

Bukannya mo pamer atau narsis nich tapi aku punya kepedulian terhadap lingkungan lhoh sejak SMA. Aku biasa memilah sampah menjadi organic dan non organic dan membiasakan diri belanja dengan membawa tas kain dari rumah dalam rangka ikut andil mengurangi plastik setelah jadi ibu rumah tangga. Tahu ga? Kalau plastik itu perlu waktu 1000 tahun untuk terurai di alam. Ck..ck..ck..Coba di hitung berapa keturunan lagi baru bisa terurai.

What is Eco friendly Bag atau Green Bag or Tas Ramah Lingkungan?

Ecofriedly Bag atau green bag sekarang jadi trend di luar negeri. Tas ini terbuat dari bahan non plastik, biodegradable, dan yang pasti harus bisa di daur ulang. Di indonesia sudah ada yang mulai merintis seperti Supermarket AlfaMart mempunyai tas go green seperti yang aku pakai sekarang. Harganya murah, cuman Rp. 6000,00. Bayangkan jika kita pergi ke supermarket, rata-rata paling enggak kita membawa pulang 2-3 plastik bahkan lebih. Padahal dalam seminggu kita bisa lebih dari sekali mengunjungi super/mini market. YA SEBENARNYA KITA BISA IKUT ANDIL MENGURANGI SAMPAH PLASTIK INI. Mungkin kesannya repot setiap kali belanja harus bawa tas kain. Tapi guys…I tell you what…Semua ini hanyalah masalah “KEBIASAAN”. Mungkin awalnya sekali dua-tiga kali lupa tapi jika sudah terbiasa semua akan mudah. Or kalau tidak mau repot simpen aja di jok mobil atau sepeda motor.

Di Negara sakura, peoples know green bag as FUROSHIKI atau seni membungkus barang dengan media kain yang tujuannya untuk mengurangi penggunaan plastik dan lagi populer di Negara Jepang. Tapi kalau diPapua, peoples know it as NOKEN. Noken sudah mengakar dalam tradisi masyarakat papua sejak dahulu kala. Menurut informasi, Noken ini di buat dari serat kayu. Perempuan-perempuan di sini memakainya untuk membawa tanaman hasil panen dari kebun dan bahkan ada yang dipakai untuk menggendong bayi. Cara pakainya pun unik yaitu tidak di tenteng tapi di taruh di atas kepala. Unik bukan??? Sebagai generasi penerus sepantasnya kita ikut melestarikan budaya bangsa. Termasuk mempopulerkan NOKEN ini.

Anda tertarik untuk mempunyai Noken buatan asli orang Timika? Boleh aja, unik juga kok untuk di jadikan tas dan di jamin ga ada yang menyamai. Silahkan pesan melalui blog ini. Harganya seperti yang ada di foto adalah Rp. 70.000,00….sekedar catatan karena handmade jangan berharap produk ini sempurna seperti keluaran toko-toko. Dua kata untuk mewakilinya vintage and orisinil.

Dan pesanku, mari kita ikut melestarikan lingkungan dengan tidak menggunakan plastik sebagai tas. SAY NO TO PLASTIC BAG!!!!!

Update tanggal 17 Juni 2013

Kami menyediakan Tas Noken Asli buatan mama Papua sbb:

Noken Asli buatan mama Papua





Tas Noken ini cukup besar untuk membawa banyak barang (termasuk bayi) krn dibuat dari serat kayu yang lentur. Beratnya hampir 1 kiloan. Sengaja saya lampirkan foto dari jarak dekat untuk memperlihatkan rajutan yang dibuat oleh mama Papua. Bagus bukan? Tentunya bukan hal yang mudah untuk membuat kreasi tas semacam ini dari serat kayu. Serat kayunya pun bukan sembarang serat kayu tapi serat kayu dari semacam pohon yang hanya tumbuh di tanah Papua ini. Tertarik untuk mengkoleksinya sebagai benda seni atau pajangan di rumah Anda atau mungkin oleh-oleh untuk teman / kolega Anda? Boleh....berikut adalah informasinya

Tas Noken Asli Papua Ukuran Jumbo / Besar
Berart\: hampir 1 kilo
Harga: Rp. 500.000,00 (Belum termasuk pengiriman dari Timika, Papua)

Kami juga masih mempunyai 1 koleksi noken dari Asmat spt berikut:


Noken Asmat
Ini adalah Noken buatan suku Asmat dengan hiasan dari bulu Angsa dan keong yang diberi warna.  Unik dan menarik bukan? Oleh karena itu saya ingin sharing dengan Anda disini. Jika tertarik berikut adalah informasinya:

Noken Asmat Kecil Ukuran Buku
Bahan: Serat Kulit Kayu, Aksesoris: dari bulu Angsa dan keong yang diberi warna
Berat: Kurang dari 500 gram
Harga: Rp. 150.000,00
Pemesanan:

  1. Melalui email: ChandraMalini81(at)gmail(dot)com
  2. Telepon / sms / Whats App: 081.393.00.4879
  3. LINE ID: timikaunique


Cheers


Chandra

2 comments:

  1. I'm appreciated an agree with you lets save the planet and our children keep green everyday...

    ReplyDelete
  2. Mace...ada noken yang kecil kah? ukuran for buku folio?? dia pu warna apa saja..Plus klo bole tambah tulisan papua kah... Sa pesan 1... mo buat bagaya...mantab..

    ReplyDelete

Timikaunique di bukalapak.com

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...