Friday, November 27, 2009

Our visit to Bandara Mozes Kilangin, Timika

Sore ini kami berkesempatan mengunjungi Bandara Mozes Kilangin, Timika. Sebelumnya, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Adha bagi siapa saja yang merayakannya.  Semoga kita bisa belajar dari pengorbanan Nabi Ismail A.S.




Bandara Mozes Kilangin Timika dari berbagai sudut berbeda

Langsung saja ya.  Saat kami kunjungi, suasana bandara lumayan sepi, tidak terlalu ramai jadi enak untuk di ambil-ambil foto. Anakku, Rakhma tentu saja very excited saya ajak ke Bandara. As always, she was so active and running happily any direction she  likes. Satu hal yang aku sangat tertarik adalah design dari bangunan Bandara yang mengawinkan budaya lokal berupa patung asmat yang di tempatkan di ruang tunggu taxi dan di langit-langit dinding. Begitu juga tiang-tiang penyangga berukirkan ukiran asmat. Sangat indah dan etnik. Ciri khas ukiran Papua sebenarnya sangat sederhana tapi justru kesederhanaan itulah yang membuatnya beda. Bandara ini juga bersih, tertib dan rapi. Klop dech.

Lebih jelasnya, silahkan menikmati foto-foto yang saya ambil sore ini!




Patung Asmat di ruang tunggu taxi

Taxi yang dimaksud adalah mobil carteran bukan taxi seperti yang umumnya ada.  Fungsi patung di ruang tunggu taxi untuk membuang puntung rokok dan pinang.  Mengunyah pinang merupakan kebiasaan masyarakan asli Papua.


Tiang Bandara berukirkan ukiran Asmat


 

Ukiran khas Papua di dinding Bandara

Kalau di lihat pada foto di atas, ukiran berupa hal-hal yang berdeketan dengan keseharian masyarakat Papua seperti kepiting (hasil laut), tifa (gendang), noken (tas punggung), panah.

Saya berharap semakin banyak orang mengenal budaya Indonesia terutama budaya Papua yang sepertinya belum banyak publikasinya di media cetak ataupun elektronik.  Saya juga berkeinginan suatu hari mempunyai website yang menjual dan menyajikan informasi tentang budaya papua.  Seperti kalimat salah satu customer saya "akhirnya saya bisa belanja online barang seni papua". 

No comments:

Post a Comment

Timikaunique di bukalapak.com

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...