Monday, October 18, 2010

Liputan Kunjungan ke Griya Batik Sekar Mulya, Salatiga

OLYMPUS DIGITAL CAMERA         Griya Batik Sekar Mulya, Salatiga

Kali ini, saya ingin mengajak pembaca blog Timikaunique jalan-jalan ke kota Salatiga.  Sebuah kota kecil di Jawa Tengah, yang masuk dalam Kabupaten Semarang.  Kok Salatiga sich? Ya…karena saya kelahiran Salatiga dan untuk sementara ini tinggal di kota ini untuk persiapan melahirkan anak-2 yang diperkirakan lahir awal bulan Desember ini.  Doakan ya para pembaca, semoga persalinannya lancar.

Hari Minggu kemaren, tepatnya tanggal 17 Oktober 2010, saya berkesempatan untuk mengunjungi sebuah Griya Batik di daerah Magersari, Tegalrejo.  Nama Griya Batik tersebut adalah Sekar Mulya.  Awal cerita suatu pagi saya membaca koran Suara Merdeka, yang menampilkan artikel tentang Batik Plumpungan yaitu batik yang menjadi ciri khas kota Salatiga.  Nah Griya Batik ini menawarkan batik Plumpungan di tokonya yang baru saja di buka dan diresmikan oleh walikota Salatiga.  Karena penasaran, saya cari informasi lebih lanjut tentang batik tersebut lebih dahulu di internet.  Dan ini mungkin bisa menjelaskan tentang batik Plumpungan;

Batik Plumpungan diambil dari Batu Prasasti Plumpungan, simbol kelahiran dari Kota Salatiga, di tandai dengan motif dua batu lonjong yang saling berimpitan

Saat itu saya belum ada gambaran sama sekali seperti apa batiknya karena saya browsing lewat HP, jadi daripada penasaran saya langsung meluncur ke lokasi Griya Batik.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA         Batik Plumpungan, di tandai dengan motif batu lonjong yang saling berimpitan

OLYMPUS DIGITAL CAMERA         Ragam Batik Plumpungan yang di kembangkan oleh Griya Batik Sekar Mulya

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Deretan Batik Plumpungan yang cantik dan ceria

Batik Plumpungan, di tandai dengan cecek berupa bulatan-bulatan kecil menyerupai batu (kain deretan paling bawah), selain itu juga di tambah dengan motif-motif flora seperti bunga, daun.  Warnanya cantik-cantik, bukan?'

Pada foto di atas, material yang di pakai adalah katun Prismina dan kain Dobi.  Harganya bervariasi tergantung dari jenis kain dan kualitas kain. Kain Dobi itu bahannya sedikit licin tapi ringan dan dingin kalau di pakai.

Selain mengembangkan batik Plumpungan, Griya Batik Mulya juga mengembangkan Kain Tenun Printing dengan motif Plumpungan.  Jadi bukan jenis Kain tenun ATBM namun di cetak jadi menyerupai kain tenun.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA          OLYMPUS DIGITAL CAMERA         Kain Tenun Printing motif Plumpungan yang dikembangkan oleh Griya Batik Mulya

Di Griya Batik, saya juga berkesempatan melihat-lihat koleksi batik dari daerah lain yaitu Batik Madura, Batik Pekalongan dan Batik Boyolali. YAY.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA         Batik Madura bercirikan motif yang “ramai” (deretan atas)
OLYMPUS DIGITAL CAMERA         Batik Boyolali bercirikan gurat-gurat / garis-garis

Saya terus terang senang sekali bisa berkunjung ke Griya Batik ini, tempatnya bersih dan asri.  Selain itu, saya bisa melihat-lihat koleksi batik dari daerah lain (Batik Madura, Pekalongan, kain ikat Jepara dan Boyolali).  Sesuatu yang belum pernah saya alami sebelumnya. Dan karena masih grand opening, ada diskon 20% lhoooo. 

Sebelum berpamitan pulang, saya menggunakan kesempatan ini untuk berfoto bersama putri saya dan keponakan saya yang cantik-cantik.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
 What a lovely day….
Jika ada pembaca Blog Timikaunique yang tertarik untuk mengoleksi Batik Plumpungan, bisa hubungi saya melalui Email: ChandraMalini81@gmail.com atau sms ke nomor: 081-393-004879.  Saya dengan senang hati akan membantu.

Untuk warga kota Salatiga dan sekitarnya yang ingin mampir ke Griya ini, silahkan di catat alamat di bawah ini;
Griya Batik Sekar Mulya Jln. Tidore No.83C Magersari, Tegalrejo, Salatiga – Jawa Tengah
Telp / Fax: (0298) 323818

Semoga celotehan saya kali ini berkenan di hati pembaca sekalian.  Semoga lain waktu saya bisa ‘meliput’ behind the scene Batik Papua (karena rencananya saya akan mengunjugi proses pembuatan batik Papua jika Allah SWT memberi izin).

Salam saya dari Salatiga,
Ibu Chandra

No comments:

Post a Comment

Timikaunique di bukalapak.com

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...