Sunday, December 1, 2013

Fakta Menarik Seputar Kain Sutra (Plus) Tips dan Trik Perawatannya

Amole! Hallo Pecinta Batik Papua

Pertama-tama saya ingin menggaris bawahi bahwa informasi yang saya sajikan disini adalah hasil pengamatan saya sebagai orang awam yang sedikit mengerti tentang kain melalui buku-buku yang saya baca. Namun untuk kebenarannya saya tidak bisa jamin 100% ya karena disini saya hanya bertindak sebagai penjual Batik Papua bukan produsen Batik Papua.

Saya juga bukan ahli dalam kain namun beberapa waktu yang lalu saya menemukan buku tentang kain yang cukup menarik sehingga saya memutuskan untuk menuliskannya di blog ini.

Kali ini saya ingin membahas sutra. Tahu kain sutra kan? Kalau di Batik Papua, Kita mengenalnya seperti foto di bawah ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kain Sutra adalah kain yang dikenal ringan, tipis, mewah, melayang, jatuh dibadan.  Ada banyak jenis kain sutra yaitu Brocade, Chiffon, Sutra China, Georgette, Organza, Shantung Silk, Dupioni Silk, Silk Linen, Silk Satin, Charmeuse Silk dan banyak lainnya. Namun untuk jenis sutra yang di pakai dalam Batik Papua sesuai dengan wawancara saya dengan pemiliknya, adalah jenis sutra Polyester yaitu tekstil mirip sutra yang komposisi benangnya tidak 100% sutra namun ada campurannya bisa berupa nilon atau rayon.

Kelebihan Sutra di antaranya yang tidak ditemukan pada kain jenis lain adalah

  1. Halus sekaligus kuat. Tahukah Anda bahwa benang sutera lebih kuat dari kawat baja dengan diameter yang sama?
  2. Sutra mempunyai daya serap yang tinggi sehingga mudah dicelup dalam aneka warna
  3. Tekstil sutra tidak berubah bentuk, bagus jatuhnya di tubuh dan memberi efek cahaya.
  4. Sutra di asosiasikan dengan kekayaan dan kesuksesan sejak zaman dahulu
  5. Sutra juga bisa digunakan dalam segala cuaca.  Karena bersifat menyerap keringat, sutra terasa sejuk dikenakan dalam cuaca panas dan karena sifatnya yang menahan udara panas didekat kulit, hangat dipakai dalam cuaca dingin.

Nah, bagaimana cara merawat sutera yang baik?

  1. Bisa dicuci dengan Dry Clean. Dry clean adalah teknik mencuci kain / tekstil tanpa menggunakan air. Sebagai ganti air adalah jenis larutan tertentu yang terbukti ampuh membersihkan kotoran pada kain yang memerlukan perhatikan khusus seperti sutra.
  2. Bisa dicuci dirumah asalkan dengan tangan dan menggunakan deterjen yang berkualitas baik, yang dapat menghilangkan lemak dan “menghidupkan kembali” sutera. Jangan gunakan deterjen alkaline atau yang mengandung lilin, petroleum dan sejenisnya.
  3. Sutra jangan diperas, dan jangan pula dikeringkan di dalam mesin pengering. Beberkan saja di atas bahan handuk, lalu gulung
  4. Jangan menyeterika sutra dengan setelan panas tinggi, bisa-bisa ia menguning atau memudar. Lapisi dengan bahan pelapis sebelum disetrika, atau gunakan setrika uap.

Semoga informasi ini berguna Smile. Baca juga artikel sebelumnya yaitu Tips Merawat Kain Satin.

Ibu Chandra

www.timikaunique.com – Toko Online Batik dan Oleh-Oleh Khas Papua

SUMBER: KAIN KITA –FASHION PRO PENERBIT DIAN RAKYAT

5 comments:

  1. makasih infonya soal kain sutra, kalau butuh kain sutra import dan kain mori bisa hubungi kami :)

    ReplyDelete

Timikaunique di bukalapak.com

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...