Sunday, August 27, 2017

Kepiting Karaka dari Kabupaten Mimika

Amole!





Ada satu hasil laut yang sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional di kota Mimika yaitu Kepiting Hitam, yang bahasa lokalnya di kenal dengan nama Karaka. Karaka hidup di pedalaman hutan bakau di pesisir pantai, kawasan yang banyak di huni oleh Suku Kamoro.

Sekilas tentang Suku Kamoro

Suku kamoro adalah suku asli Kabupaten Mimika, suku ini bermukim di wilayah dataran rendah (low-land), sebagian besar mendiami sepanjang 300 k pesisir selatan Papua.  Dari segi bahasa, mereka bersaudara dengan suku Asmat yang tinggal disebelah timur yang juga terkenal dengan kesenian mereka.  Suku Kamoro termasuk kelompok yang hidup dari meramu, memanfaatkan alam sekitar, terutama pohon sagu sebagai makanan utama, dan hasil laut.  Memiliki rasa seni yang termasuk tinggi diantara suku-suku di Papua, terutama seni ukir. Berpostur tubuh tinggi sehingga mudah di bedakan dengan suku lain.  Berburu hasil laut seperti ikan, udang dan karaka menjadi usaha sehari-hari. 



Bagaimana Karaka di Tangkap?
Karaka di tangkap dengan cara yang masih tradisional yaitu di lubang-lubang pohon bakau yang tumbuh subur di sepanjang pesisir pantai, dimana hasil tangkapannya sangat memuaskan karena kepiting disini mempunyai ukuran besar, daging berasa lezat dibadingkan kepiting jenis lain yang berukuran kecil.  Namun sejak Menteri Susi Pujiastuti menjabat Menteri Perikanan, karaka yang berukuran besar (hampir 1 kilogram per ekornya) dilarang di perjual belikan karena mengandung telur dimana sangat penting untuk menjaga kelestarian Karaka itu sendiri di Alam.

Kandungan Gizi Karaka

Daging Karaka mengandung lemak dalam jumlah yang rendah (sekitar 1 gr / 100 gr) dan Asam Lemak Jenuh rendah sekitar (0.1 gr / 100 gram) serta kaya akan kandungan zat Omega -3.  Sehingga Karaka banyak di buru orang karena lebih sehat di bandingkan mengkonsumsi daging unggas ataupun daging kambing / sapi.

Karaka juga tinggi akan Vitamin B12 yang berguna untuk menghasilkan energi dan pertumbuhan. Kaya akan Mineral, Zinc, Copper dan Selenium yang bermanfaat sebagai antioksidan. Selenium sebagai pencegah kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah peradangan.  Mineral Copper berfungsi sebagai komponen enzim redox, pembentukan sel darah merah, otot, syaraf, tulang dan otak, serta mencegah penyakit tulang dan syaraf.  Mineral Zinc berfungsi untuk komponen pembentuk Enzim-enzim tubuh, sel darah merah, sistem kekebalan tubuh, mencegah pembesaran prostat dan mencegak kerontokan rambut.

Cara Memasak Karaka supaya tetap sehat

Kepiting paling enak dimasak dengan cara digoreng memakai minyak kelapa dalam jumlah banyak, hindari mengolahnya dengan cara direbus karena akan mengurangi kelezatan dari rasa daging kepiting itu sendiri.
Meskipun kepiting lezat, Anda harus berhati-hati karena daging kepiting mengandung basa purin yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Jadi untuk pengidap penyakit asat urat atau gout dianjurkan untuk membatasi atau menghindari hidangan berbahan dasar kepiting, disamping itu kandungan Kolesterol cukup tinggi yaitu sekitar 76 mg / 100 gr. Anjuran konsumsi kolesterol sehat per hari sekitar 300 mg. Kesimpulannya, makan kepiting berukuran sedang maksimal 3 ekor per hari sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi.

Cara Mengolah Karaka yang Benar dengan Perebusan

1.       Tikam dada kepiting atau pukul kepala kepiting untuk mematikan si kepiting
2.       Jika tidak yakin sudah mati atau belum, masak kepiting hidup-hidup dalam air mendidih hingga kepiting berwarna merah (kurang lebih 10 menit)
3.       Bersihkan bagian dada kepiting, buka dari bagian bawah, keluarkan insang-insang dan kotorannya.  Cuci kembali, termasuk capit-capitnya.
4.       Rebus kembali kepiting, termasuk capit-capitnya dalam air mendidih selama 5-10 menit.  Tambahkan sedikit garam.
5.       Kepiting siap diolah lebih lanjut

Cara Mengolah Karaka yang Benar dengan Digoreng Langsung
Jika memutuskan untuk menggoreng Karaka, skip no.2  Lalu ketika sudah dibersihkan bagian dada dan insangnya. Karaka bisa langsung di goreng dan dimasak sesuai selera


**************************Beli Online Kepiting Karaka********************************
Kami melayani pembelian Karaka langsung dari Timika, Papua dengan ketentuan sbb:

UNTUK PEMBELI DILUAR PAPUA

Harga saat ini adalah Rp. 1.300.000,00 per 10 kilogram. Satu kilogram bisa terdiri dari 3-4 kepiting ukuran sedang.

-         1.  Minimal pembelian 10 kilogram.
-          2. Harga dan persediaan fluktuafif jadi hubungi kami terlebih dahulu.
-          3. Harga belum termasuk Ongkos Kirim dari Timika, Papua
-          4. Pengiriman menggunakan Cargo Garuda.
-          5. Ada surat / dokumen resmi.
-          6. Kepiting di bungkus dalam keadaan hidup menggunakan daun bakau.
-         7. Kepiting di packing dalam kardus, jika menginginkan styrofoam box harap konfirmasite rlebih dahulu karena harga di atas TIDAK TERMASUK BOX STYROFOAM.

UNTUK PEMBELI DI KOTA TIMIKA, CASH ON DELIVERY BANDARA MOZES KILANGIN, TIMIKA

Biasanya ada beberapa customer kami menginginkan oleh-oleh kepiting dan diantar ke Bandara Mozes Kilangin untuk itu silahkan hubungi kami di 081.393.00.4879 atau 0811.498.4879 (Ibu Chandra)

Harga saat ini adalah Rp. 350.000,00 per 2 kilogram. Dua kilogram berisi 7-8 kepiting ukuran sedang.
-          1. Minimal pembelian 2 kilogram.
-         2.  Harga dan persediaan fluktuafif jadi hubungi kami terlebih dahulu.
-         3.  Harga sudah termasuk Ongkos Kirim dari Timika, Papua
-         4.  Pembayaran cash di Bandara
-          5. Ada surat / dokumen resmi
-          6. Kepiting di bungkus dalam keadaan hidup menggunakan daun bakau
-       7. Kepiting di packing dalam kardus, jika menginginkan styrofoam box harap konfirmasi terlebih dahulu karena harga di atas TIDAK TERMASUK BOX STYROFOAM

sSumber Informasi dan Foto:
http://backupbensehat.blogspot.co.id/2015/06/cerita-ptt-masih-sekedar-bercuap.html
http://www.kompasiana.com/1973_nila/karaka-kepiting-hitam-khas-papua-sehat-untuk-tubuh_5535a5bf6ea8343c14da4304




No comments:

Post a Comment

Timikaunique di bukalapak.com

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...