Saturday, January 26, 2019

Proses Pembuatan Rok Rumbai Papua atau Tauri dan Tips Merawatnya

Amole! Hallo...

Jadi beberapa hari lalu anak saya pergi ke perpustakaan dan meminjam buku yang berjudul "Si Bolang Pedia, Bocah Petualang Seri Bertahan Hidup" karya Johanna Ernawati yang diterbitkan oleh Seri Buku Trans7.



Dalam buku tersebut membahas tentang Rok Rumbai Papua yang ternyata dikenal juga dengan nama Rok Tauri / Awer. Rok rumbai Papua juga merupakan bagian dari Baju Adat Papua yang saya jual.

Nah saya akan ceritakan kembali melalui postingan ini ya sekaligus nanti saya akan berbagi cara merawat Rok Rumbai supaya awet.

Orang Asmat tinggal di Pulau Papua. Disana Banyak sekali pohon sagu. Orang Papua menjuluki pohon sagu sebagai pohon nasi akar. Saya pernah menulis tentang Mengenal Pohon Sagu atau Rumbia

Untuk melindungi tubuh, orang Asmat membuat pakaian berupa rok dan cawat dari pucuk sagu. Namanya Tauri atau awer.

Pucuk sagu itu daun sagu muda yang masih kuncup. Pucuk ini bisa dijadikan tauri karena tipis dan mudah diolah.  Beda dengan daun sagu tua yang keras.

Sulitnya, pucuk sagu selalu berada dipuncak pohon sagu yang sangat tinggi.  wah, orang asmat harus memanjat pohon sagu sampai puncak.  Padahal batang pohon sagu itu berduri.  Jika tidak hati-hati, duri sagu bisa melukai kulit mereka.



Membuat Tauri
  1. Kupas pucuk sagu sampai tipis
  2. Jemur kupasan sampai kering, lentur dan berwarna cokelat
  3. Rangkai kupasan sagu sampai menjadi rok dan cawat.
Proses ini membutuhkan waktu sekitar satu bulan!

Tips Merawat Rok Rumbai / Tauri sangat sederhana yaitu hindari tempat yang lembab / berair.  Jika musim hujan datang karena kita tinggal didaerah tropis, jemur saat cuaca cerah.  Selama tidak terkena air, Rok Tauri bisa dipakai dalam waktu 5 tahun lho!

Ingin Diskon Produk Rok Rumbai Khas Papua? Dapatkan Diskon 20% untuk pembelian pertama Rok Rumbai Papua. Caranya mudah dengan memasukkan Form yang tersedia dibawah ini.

FREE ONGKIR RP. 20.000,00 MAU?


Salam,
Ibu Chandra

No comments:

Post a Comment

Timikaunique di bukalapak.com

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...