Saturday, November 9, 2019

Pengalamanku mengikuti Workshop Fotografi Produk Fashion di RKB Solo

Amole! Hallo pencinta Batik Papua,

Saya sudah pindah ke jawa sejak Maret 2018, jadi sudah tidak terasa satu tahun lebih saya tinggal di sini. Alasan kepindahan saya karena faktor pekerjaan suami saya yang tidak lagi kerja di perusahaan pertambangan PT. Freeport Indonesia, Mimika, Papua. Diluar itu banyak faktor lainnya yang membuat saya memutuskan untuk pindah.

Namun begitu jangan khawatir ya sobat karena sobat masih bisa pesan batik dan kerajinan Papua secara online karena masih ada perwakilan di Timika, Papua. Kesimpulannya saya masih aktif jadi admin juga jualan online Batik dan Kerajinan Khas Papua.

Hal-hal positif yang saya sukai sejak tinggal di Solo, Jawa Tengah adalah ada banyak workshop - workshop yang diselenggaran secara gratis, salah satunya adalah Workshop Fotografi Produk Fashion yang di selenggarakan oleh Rumah Kreatif BUMN (RKB) Solo pada akhir Oktober 2019. RKB ini merupakan proyek dari BUMN untuk mendampingi UMKM seperti saya supaya bisa mempunyai kompetensi yang lebih baik. Untuk mengetahui lebih banyak tentang visi dan misi RKB bisa baca di https://rkb.id/about

Oh ya saya mendapatkan informasi mengenai Workshop ini dari teman saya mbak Era Wijaya (www.sapamama.com). Terimakasih banyak ya mbak :). 

So bagaimana ceritanya? Ikuti kisah saya ini ya!


RKB Solo berlokasi di Jalan Adisucipto No 1 B Manahan Kecamatan Banjarsari, Jawa Tengah 57139. Gedungnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu kiri untuk area workshop, tengah untuk area showcase produk UMKM Binaan dan sebelah kanan ada Erkabe Coffee. Bagi member baru diwajibkan membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 40.000,00 dan mendapatkan Kartu Brizzi dari Bank BRI.

Didepan Pintu masuk RKB, ada dua poster yang menarik perhatian saya. Poster tersebut merupakan profil dua usaha yang telah mendapatkan pendampingan dari RKB dan sekarang sudah lebih maju usahanya. Yaitu Batik Pria Tampan dan Sentana Furnitur.

Nah inilah ruang workshop tempat diselenggarakannya Pelatihan Fotografi Produk Fashion. Manekin sudah disediakan oleh RKB Solo. Interior ruang workshop berkesan buat saya karena ruangannya ceria, disediakan kursi yang lumayan banyak, nyaman, berAC dan kita diperbolehkan mengecharge HP yang kita bawa :). Diluar itu peserta yang hadir mendapatkan minuman dan snack jadi ga bakal kelaparan hehehe.

Ini adalah suasana ketika mendaftar menggunakan PC Mac. Sumpah baru sekali ini saya melihat PC segedhe televisi dan mousenya ga ada kabelnya hahaha...katrok banget...(maklum dulu hidup dipedalaman). Butuh waktu kurang lebih 10 menit an untuk mengisi data seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor identitas, jenis usaha dsb....

Pengajar kelas Fotografi Produk Fashion dibawakan oleh Mas Yogie Bowie (IG nya tips_fotografi) yang sumpah lucu banget...(cocok jadi stand up comedian). Dikelas ini mas Bowie mengajarkan kami murid-muridnya 

  • Bagaimana menggunakan kamera HP agar maksimal untuk mengambil produk-produk fashion mulai dari tas, hijab, baju batik.
  • Dia memberikan tips dan trik sesuai pengalamannya selama ini 
  • Studi kasus dari peserta workshop kali ini. Misalnya nih di kelas ini, Mas Yogie meminta beberapa Akun Instagram murid-murid yang datang untuk ditampilkan di layar.  Lalu dibahas dari foto-foto yang ada di IG masing-masing itu mana sih yang masih kurang pas.
  • Praktek langsung menggunakan model yang disediakan oleh RKB, dan manekin.



Workshop ini berlangsung cukup lama yaitu dari jam 9 sampai jam 4 sore jadi lumayan puas mengikuti kelas ini (gratis lagi hihihi). Nah dipostingan terpisah nanti, saya akan berbagi tips-tips memfoto produk fashion menggunakan kamera smartphone. Stay tune!

Salam,
Ibu Chandra

No comments:

Post a Comment

Timikaunique di bukalapak.com

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...